Selasa, 03 Maret 2009

modul sistem cerna biologi 2

SISTEM PENCERNAAN 1
Oleh : Suparmuji, S.Pd

Tujuan Pembelajaran :
Mengidentifikasi nilai gizi asupan makanan
Memperkirakan kemungkinan yang terjadi jika kekurangan/kelebihan salah satu zat makanan.
Menjelaskan struktur dan fungsi alat pencernaan makanan
Menjelaskan proses pencernaan makanan

Materi :
Makanan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi manusia dan semua makhluk hidup yang ada di muka bumi, karena pentingnya makanan termasuk salah satu bahan kebutuhan pokok. Secara harfiah, makan adalah suatu proses mengubah bahan makanan yang meliputi proses mencerna dan penyerapan sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh.
Tubuh menggunakan bahan makanan sebagai bahan baku penghasil energi, bahan pembangun tubuh, mengatur fungsi alat-alat tubuh dan lain-lain. Masing-masing dari fungsi tersebut disuplai dari jenis makanan yang berbeda-beda. Makanan tidak dapat digunakan tanpa adanya proses pencernaan. Secara umum, tahapan pencernaan manusia terbagi atas beberapa proses yaitu :
Mencerna secara mekanik
Mencerna secara kimia
Menyerap zat-zat makanan
Mengeluarkan zat-zat sisa.

MAKANAN
Makanan yang baik bagi tubuh adalah makanan yang sehat dan bergizi yaitu makana yang tidak membahayakan tubuh memiliki komposisi kandungan zat yang baik. Berdasarkan dari fungsinya, makanan dapat dibedakan menjadi :
Sebagai penghasil energi, berupa karbohidrat dan lemak.
Sebagai pengatur berupa vitamin dan mineral
Sebagai pembangun berupa protein, mineral, air dan hormon.
Pada dasarnya semua bahan makanan hampir mengandung zat-zat yang kita perlukan untuk tubuh, tetapi dalam kandungan yang berbeda-beda, sehingga beberapa bahan makanan dinilai mengandung lebih banyak suatu zat dibandingkan bahan makanan yang lain.

Karbohidrat
Merupakan penghasil energi utama bagi tubuh dan setiap 1 gram menghasilkan 4 kalori. Berdasarkan penyusunnya karbohidrat dibedakan menjadi :
Monosakarida, karbohidrat yang disusun dari 1 molekul gula, contoh : Glukosa, Galaktosa dan Fruktosa.
Disakarida, karbohidrat yang dibangun dari 2 molekul gula, contoh : Sukrosa, Maltosa dan Laktosa.
Polisakarida, karbohidrat yang dibangun lebih dari 2 molekul gula, contoh : Glikogen, Selulosa, Hemiselulosa dan Amilum.

Protein
Dibangun dari bermacam-macam asam amino, untuk membangun 1 molekul protein dibutuhkan + 20 jenis asam amino yang berbeda Asam amino dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
Asam Amino Non Essensial, yaitu asam amino yang dapat dibentuk oleh tubuh seperti Alanin, Asparagin, Asam Aspartat, Sistein, Asam Glutamat, Glutamin, Glisin, Serin, Prolin dan Tirosin.
Asam Amino Essensial yaitu Asam Amino yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh seperti Arginin, Histidin, Leusin, Isoleusin, Lisin, Metionin, Fenilalanin, Treonin, valin dan Triptofan.

Lemak
Lemak merupakan cadangan makanan yang terbesar dibandingkan karbohidrat. Ada 2 macam lemak, yaitu : Lemak jenuh atau lemak yang dapat disenyawakan sendiri di dalam tubuh dan lemak tak jenuh atau lemak yang harus didatangkan dari luar tubuh. 1 Gram lemak menghasilkan 9,3 kalori.

Vitamin dan Mineral
Vitamin mutlak diperlukan oleh tubuh sebagai zat pengatur fungsi alat-alat tubuh, vitamin dapat dibedakan menjadi vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dan C, dan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K.
Berbeda dengan vitamin yang diperlukan dalam jumlah banyak, mineral diperlukan dalam jumlah yang relatif lebih sedikit, karena dapat langsung diserap oleh tubuh dan tidak mengalami proses pencernaan. Mineral diperlukan oleh tubuh untuk membangun sel, melaksanakan reaksi kimia di dalam sel, mengirim impuls syaraf dan mengangkut oksigen.

Air
Merupakan komponen terbesar penyusun tubuh makhluk hidup, hampir 75% tubuh makhluk hidup terdiri atas air. Diantara fungsi-fungsi air yang terpenting adalah :
Sebagai zat pelarut
Sebagai zat pengangkut
Sebagai zat pengatur suhu tubuh.

STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA
Makanan tidak dapat digunakan oleh tubuh tanpa adanya proses pencernaan. Secara umum, proses pencernaan dilakukan oleh saluran pencernaan dibantu oleh kelenjar-kelenjar pencernaan.

Saluran Pencernaan
Saluran pencernaan terdiri atas organ-organ yang masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Organ-organ yang terdapat pada saluran pencernaan antara lain :

Mulut
Di dalam rongga mulut terdapat organ-organ yang melakukan pencernaan baik secara mekanik maupun secara kimiawi. Pencernaan kimiawi dilakukan oleh 3 pasang kelenjar ludah, yang berfungsi sebagai “pelumas” agar makanan dapat masuk ke kerongkongan. Kelenjar-kelenjar itu adalah :
Kelenjar Parotid
Kelenjar Sublingual
Kelenjar Sub Mandibularis
Pencernaan secara mekanik bertujuan untuk mengubah makanan menjadi bagian yang lebih kecil sehingga mudah dicerna oleh saluran pencernaan, proses ini dilakukan oleh gigi.

Gigi
Terdapat 4 macam gigi yaitu : Gigi Seri (Insisor), Gigi Taring (Caninus), Geraham Depan (Premolar) dan Geraham Belakang (Molar). Susunan gigi pada setiap tingkatan umur berbeda, pada anak-anak susunan giginya adalah :

2 1 2 2 1 2

2 1 2
2 1 2

Sedangkan pada orang dewasa susunan giginya adalah :

3 2 1 2 2 1 2 3

3 2 1 2
2 1 2 3


Gigi memiliki 3 bagian utama, yaitu : Mahkota gigi, Leher gigi dan Akar Gigi.
Lidah
Berfungsi mengaduk dan membalikkan makanan, membantu proses menelan dan yang menjadi fungsi utamanya adalah sebagai alat pengecap. Fungsi utama ini dilakukan oleh bagian lidah yang disebut Papila, yaitu tonjolan-tonjolan kecil pada lidah yang dapat mengenal sensasi berupa rasa. Berdasarkan letak sensasi rasa, lidah dibagi menjadi 4 bagian yaitu :
Ujung lidah, tempat sensasi rasa manis.
Pangkal lidah, tempat merasakan rasa pahit.
Tepi lidah, tempat sensasi rasa asam.
Tengah lidah, tempat merasakan sensasi asin.

Tekak (faring) dan Kerongkongan (Esofagus)
Merupakan saluran penghubung antara mulut dan lambung. 1/3 adalah otot lurik dan 2/3 nya adalah otot polos. Proses bergeraknya makanan dari faring sampai pada lambung membutuhkan waktu 6 detik. Dibagian bawah Esofagus terdapat otot Spchingter yang berfungsi mencegah makanan untuk kembali ke kerongkongan.

Lambung (Ventrikulus)
Merupakan tempat pencernaan secara kimiawi juga secara mekanik serta sebagai tempat penyimpanan makanan sementara. Dengan adanya otot-otot pada lambung, makanan dihancurkan dan dilumat dengan bantuan enzim-enzim pencernaan hingga makanan menjadi seperti bubur. Lambung memiliki 3 bagian yaitu :
Kardiak, bagian awal yang berhubungan dengan kerongkongan.
Fundus, bagian tengah penghasil HCl dan Musin.
Pylorus, Bagian paling bawah yang berhubungan dengan usus halus.

Usus Halus (Intestinum)
Terdiri dari 3 bagian, yaitu :
Usus dua belas jari (Duodenum), + 0,25 meter
Usus kosong (Jejenum), + 7 meter
Usus penyerapan (Ileum), + 1 meter.
Proses akhir pencernaan diselesaikan di usus kosong, kemudian diserap oleh usus penyerapan. Hasil akhir karbohidrat berupa glukosa, fruktosa dan galaktosa, serta hasil akhir protein berupa asam amino diangkut olh kapiler darah. Sedangkan, hasil akhir lemak berupa asam lemak dan gliserol diangkut oleh pembuluh khil (limfa).

Usus Besar (Colon)
Panjang usus besar dapat mencapat 1,5 meter. Fungsi dari usus besar adalah menyerap air dan elektrolit serta menyimpan feses, yang akan dikeluarkan melalui anus.

Kelenjar-Kelenjar Pencernaan
Kelenjar-kelenjar pencernaan sangat penting perannya dalam proses pencernaan makanan, kelenjar-kelenjar pencernaan itu antara lain terdapat :

Di mulut, terdapat kelenjar ludah yang mengandung enzim amilase (Ptialin) yang berfungsi mengubah zat tepung menjadi maltosa.
Di lambung, menghasilkan zat-zat yaitu :
Asam klorida (HCl), berfungsi membunuh kuman dan mengubah Pepsinogen menjadi Pepsin.
Pepsin, berfungsi mengubah protein menjadi pepton.
Renin, berfungsi mengendapkan protein susu menjadi kasein.
Lipase, berfungsi mengubah lemak menjadi Asam lemak dan Gliserol.
Lendir, berfungsi melindungi lambung dari suasana asam.
Di Usus Halus, menghasilkan enzim-enzim antara lain :
Maltase, berfungsi mengubah Maltosa menjadi Glukosa.
Sukrase, berfungsi mengubah Sukrosa menjadi Glukosa dan Fruktosa.
Eripsin, berfungsi mengubah Pepton menjadi Asam Amino.
Laktase, berfungsi mengubah Laktosa menjadi Glukosa dan Galaktosa, dan
Enterokinase, berfungsi mengubah Tripsinogen menjadi Tripsin Aktif.



















































SISTEM PENCERNAAN 2
Oleh : Suparmuji, S.Pd


SISTEM PENCERNAAN PADA HEWAN KHUSUSNYA RUMINANSIA

Hewan memamah biak (Ruminansia) seperti sapi memiliki lambung yang berbeda dengan manusia. Lambung pada hewan tersebut memiliki lambung yang terdiri dari 4 bagian yaitu : Rumen, Retikulum, Omasum dan Abomasum. Di dalam lambungnya terdapat mikroorganisme yang menghasilkan enzim selusosa.
Pertama makanan dikunyah dan dibentuk bulat-bulat yang dicampurkan dengan ludah kemudian ditelan dalam rumen, di dalam retikulum makanan dicampur dengan enzim selulosa kemudian oleh mikroorganisme difermentasi menjadi CO2, CH4 dan asam-asam lemak. Makanan yang masih kasar akan kembali ke mulut untuk dikunyah, kemudian kembali ke omasum dari omasum makanan akan diteruskan ke Abomasum, mikroorganisme yang ikut bersama makanan akan mati karena asam-asam lambung di Abomasum.
Tubuh mikroorganisme merupakan sumber protein yang penting bagi ruminansia karena mengandung Asam amino lengkap, sehingga tidak perlu lagi mengambil Asam amino essensial dari luar. Selain itu mikroorganisme yang mengandung vitamin dan lemak.

KELAINAN-KELAINAN PADA SISTEM PENCERNAAN
Diare (mencret/Feses Encer) penyimpanan air di kolon terganggu sehingga kolon mempercepat kinerjanya.
Apendiktis, peradangan pada apendiks oleh bakteri.
Kolik, Rasa sakit karena konstraksi otot yang kuat.
Disfagia, kerusakan lambung karena alkohol/racun.
Enteritis, Peradangan usus halus/usus besar karena bakteri.
Konstipasi (Sembelit), sulit buang air dikarenakan penyerapan air di kolon terlalu banyak.
Muntah, disebabkan konstraksi karena keracunan, gangguan peredaran darah, mabuk dll.
Ulkus, peradangan pada lambung, karena HCl lebih banyak yang masuk daripada makanan.
Gondong, radang kelenjar parotis yang disebabkan virus.
Peritonitis, yaitu radang selaput perut.














L K S
LEMBAR_KERJA_SISWA@BIOLOGI.XI/IPA Nama Lengkap Nilai



N I S N/Kelas

HARI/TANGGAL

SOAL
Tuliskan urut-urutan saluran pencernaan manusia mulai dari mulut sampai ke anus.
Tuliskan fungsi dari organ-organ berikut :
Gigi Taring
Lidah
Geraham
Tuliskan contoh menu yang sesuai dengan makanan 4 sehat 5 sempurna.
Jelaskan kemungkinan yang akan terjadi jika kita kekurangan protein.
Dalam sistem percernaan manusia, lemak akan diproses menjadi ...
Jelaskan apa yang akan terjadi jika HCl yang diproduksi lebih banyak daripada makanan yang masuk.
Jelaskan perbedaan antara lambung manusia dan lambung ruminansia.
Apa yang dimaksud dengan Apendiktis.
Gondong adalah ...
Jelaskan mengapa ruminansia tidak memerlukan Asam Amino Essensial dari luar.
Panjang keseluruhan usus halus dan usus besar adalah ...
Tuliskan 3 bagian dari usus halus.
Waktu yang dibutuhkan untuk makanan masuk ke dalam lambung adalah ...
Karbohidrat, Protein dan Vitamin di usus halus akan diserap oleh ...
Fungsi dari enzim Renin adalah ...
Otot yang terdapat pada ujung kerongkongan, ujung lambung dan anus adalah ...
Tuliskan 4 bagian dari lambung ruminansia.
Enzim yang dihasilkan mikroorganisme pada lambung ruminansia adalah...
Fungsi dari usus besar adalah ...
Perbedaan dari gigi orang dewasa dan gigi anak-anak dari susunannya adalah ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar